PT. Nestle Indonesia merupakan perusahaan yang sudah sangat dikenal di Indonesia dengan ribuan produknya yang bisa dengan sangat mudah kita temui di toko ritel manapun. Adapun proses bisnis yang akan saya jabarkan dari PT. Nestle Indonesia merupakan model CIM-OSA (Computer Integrated Manufacturing for Open System Architecture)
A. Manage Process
1. Set Direction
Visi: Memusatkan perhatian untuk meningkatkan gizi (nutrition), kesehatan (health) dan keafiatan (wellness) dari konsumen kami
Misi:
- Turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui produk-produknya yang berkualitas, bergizi dan lezat rasanya.
- Memfokuskan diri untuk senantiasa memberikan informasi dan pendidikan bagi para konsumen, antara lain seperti tercantum dalam kemasan setiap produk kami.
2. Set Stratetgy
Keunggulan Kompetitif:
- Potfolio produk dan merek yang tak tertandingi
- Kemampuan riset dan pengembangan (Research & Development/R&D) yang tak tertandingi
- Kehadiran geografis yang tak tertandingi
- Karyawan, budaya, nilai dan sikap
Pendorong Pertumbuhan:
- Gizi, Kesehatan dan Keafaiatan
- Pasar yang berkembang dan PPP
- Kepemimpinan luar ruang
- Premiumisasi
Pilar Operasional:
- Inovasi & Renovasi
- Dimana pun, kapan pun, bagaimana pun
- Komunikasi konsumen
- Efisiensi operasi
3. Direct Business: Nestle merupakan perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 2.000 merek mulai dari ikon global hingga produk lokal favorit, dan kami hadir di 191 negara di seluruh dunia.
B. Core Process
1. Develop Product: Kembang gula, cokelat & snack, kopi, minuman, nutrisi anak dan keluarga, makanan pendamping ASI, sereal sarapan, produk kuliner, minuman siap minum, nutrisi kesehatan.
2. Get Order: Retail Store, banner, spanduk, dll.
3. Fullfill Order: Nestle menghubungi supplier-supplier bahan baku kemudian memproduksi produknya di pabrik.
4. Support Product: -
C. Support Process
1. HR Process: Bagian produksi, Bagian R&D, Bagian Pemasaran, Bagian Kebersihan, Bagian Logistik, Bagian Keuangan dan Bagian SDM.
2. IT Process: Membuat website yang berisi berbagai informasi yang dibutuhkan baik pihak internal maupun eksternal sebagai media promosi (facebook, twitter dan youtube)
3. Finance/Accounting Process: Membuat laporan keuagan tahunan yang bisa digunakan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan
4. Maintenance Process: Pemeliharaan alat-alat dan aset-aset lainnya
Daftar Pustaka:
https://www.nestle.co.id/ina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar